Skip to main content

Digilabs 2020

    

Digilabs tahun ini dilaksanakan pada tanggal 29 September. Para siswa memasuki zoom angkatan pada jam 07:00, dimana dilaksanakan conditioning. Setelah conditioning, pembukaan dimulai oleh MC, juga terdapat sambutan dari ketua POMG, kepala SMP Labschool Jakarta, dan kepala BPS Laboratorium UNJ.

Sebelum dibagi per-angkatan dengan fungsi breakout rooms untuk melaksanakan ceramah umum dan dialog interaktif, Diadakan doa. Breakout rooms berbeda per-angkatan, dimana kelas 7 tetap di main room dan kelas 8 + 9 dipindah ke breakout roomsnya sendiri.

Material ceramah umum per-angkatan berbeda-beda, untuk kelas 7 temanya adalah “Menjadi Pribadi dan Teman yang Baik selama PJJ” yang disampaikan oleh Zahrina Amelia, M.Pd., untuk kelas 8 “Bijaksana Berselancar Internet di Masa Pandemi Covid-19” yang disampaikan oleh Firman Ramdhani, M.Psi, Psikolog, dan untuk kelas 9 “Kecemasan Remaja di Masa Pandemi Covid-19” yang disampaikan oleh Farraas Afiefah Muhdiar, M.Sc., M.Psi, Psikolog.

Karena saya merupakan siswa kelas 8, saya mendengar tentang topik kedua, dimana kita belajar untuk berhati-hati dalam mengakses internet. Karena banyak dari kita mempunyai akses internet yang bebas dan tidak terbatas, kita harus berhati-hati agar tidak termanipulasi oleh orang yang jahat, atau lebih tidak baik terjadi kejadian lain yang lebih tidak bagus.

Walaupun materi yang diberinya bagus, saya juga harus kritikal dengan beberapa kata-katanya. Saya mengamati beberapa kata-katanya dan sebenarnya, ada pengertian yang seharusnya tidak boleh disampaikan, atau kata-kata yang merupakan misinformasi. Orang dengan kegangguan mental, secara spesifik BPD (Borderline Personality Disorder) bukan otomatis orang jahat, itu hanya karena stigma sosial.

Ceramah umum dan dialog interaktif dilaksanakan selama 1 jam dan 45 menit, dari jam 07:45 sampai 09:30. Setelah ceramah umum dan dialog interaktif selesai, terdapat istirahat selama 30 menit, sampai jam 10:00.

    Acara digilabs utama mulai pada jam 10:00. Untuk angkatan saya, kita pertama belajar tentang sinematografi dan perubahan pada industri dan pekerjaan yang berkait dengan film karena pandemi. Materi ini disampaikan oleh Kak Ninin Musa. Sinematografi merupakan proses merekam sesuatu dengan kamera, dan memuat semua elemen visual di layar, termasuk pencahayaan, pembingkaian, komposisi, gerakan kamera, sudut kamera, pemilihan film, pilihan lensa, kedalaman bidang, zoom, fokus, warna, eksposur, dan filtrasi. Untuk memproduksi film yang bagus, harus diperhatikan sinematografinya secara hati-hati agar hasil akhirnya bagus, ini adalah proses yang penting.

    Industri film telah terpengaruh secara negatif oleh pandemi, karena pembatasan pada fasilitas umum yang membuat pembuat film susah mendapatkan tempat lebih luas untuk merekam sesuatu, dan sinema yang tutup agar orang tidak berkumpul di tempat sepertinya dan menjadi terinfeksi.

Untuk materi setelahnya, kita belajar tentang animasi. Materi ini disampaikan oleh Kak Deswana Aulia. Animasi merupakan sebuah gambar yang tampak seperti sebuah sesuatu yang bergerak, dengan menggambar beberapa frame yang disatukan menjadi satu, dan saat diputarkan dalam sekuensi per-gambar terdapat sebuah efek dimana gambar bergerak.

    Animasi terdapat di banyak bentuk, seperti animasi 2D (seperti yang hand drawn, atau digambar tangan), animasi 3D, dan animasi stop motion (yang merupakan sesuatu animasi dimana seseorang menggunakan plastisin atau objek lain yang sedikit dikit digerakkan untuk membuat efek gerak sendiri).

Selain itu, aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi juga bervariasi, ada aplikasi spesifik untuk membuatnya, aplikasi slideshow seperti Microsoft powerpoint, dan banyak lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Latihan Akhir Bab 1 - BTIK

  I – PILIHAN GANDA  1 – C 2 – D 3 – D 4 – C 5 – D 6 – C 7 – C 8 – D 9 – B 10 – C 11 – C 12 – A 13 – C 14 – D 15 – B 16 – D 17 – A 18 – A 19 – B 20 – A 21 – B 22 – C 23 – B 24 – B 25 – A 26 – C 27 – C 28 – A 29 – C 30 – A II – ESSAY 1. Dengan Kecepatan akses internet, ISP, ponsel, dan satelit. 2. Karena settingannya, data penting dapat mudah dilihat oleh banyak orang dan mudah sekali bagi hacker untuk mencuri data. 3. 34,1 menit 4. Koneksi internet di lingkungan saya cukup stabil, dan kita menggunakan jaringan Indosat (GIG). Kita memilih GIG karena cukup stabil dan jarang mengalami gangguan. 5. Penyimpanan data yang aman, akses yang fleksibel, dan lebih efisien. 6. NLP digunakan oleh Google untuk mempengerti bahasa yang digunakan oleh pengguna. 7. Machine learning digunakan oleh Google untuk belajar tentang hasil search dengan lebih baik. 8. Pengguna dapat menggunakan berbagai filter untuk mendapatkan hasil

Tugas Algoritma

PENGERTIAN ALGORITMA Algoritma merupakan kumpulan rangkai perintah yang akan dijalankan oleh komputer, dan juga merupakan alat komunikasi pengguna dengan komputer. Berikut ini beberapa video tentang algoritma. \

Kegiatan Dharma Santi 2021

     Kegiatan Dharma Santi Labschool dilaksanakan pada Sabtu, 17 April 2021, pada pukul 09:30. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa dan guru dari semua cabang sekolah Labschool. Aktivitas ini seharusnya dilaksanakan pada hari Jumat, 16 April, tetapi dilaksanakan di hari setelahnya.     Pada waktu pagi, 09:30, masih sedikit preparasi untuk acaranya, dan belum ada pembukaan formal. Para guru dan siswa didalam zoom meeting masih menunggu untuk partisipan lain masuk kedalam zoom meeting. Acara dimulai pada sekitar waktu 10:00, dimana pembuka diadai. Subjek Dharma Santi merupakan berbagai materi Hindu, seperti hari raya. Dalam acara, para siswa diminta untuk membuka kamera. Pada waktu 12:00, acara diakhiri dan para siswa dibolehkan untuk keluar dari zoom Dharma Santi.