Skip to main content

Minggu Pertama PJJ 2020-2021

 

Nama saya Made Sekar Ayudya Nareswari Agem, absen 18 dari kelas 8F. Senin, 13 Juli merupakan hari pertama sekolah saya sebagai siswa kelas 8. Tahun ini para siswa belajar secara online karena pandemi COVID-19. Walaupun saat pertama pandemi kita hanya diberi tugas lewat website Labschool, mulai tahun pembelajaran yang baru PJJ dilaksanakan via zoom.

Saya bangun pagi untuk berpreparasi. Walaupun masih sedikit lelah karena minggu-mingguan libur, saya masih antusias untuk melaksanakan pembelajaran. Sebelum pembelajaran mulai, saya makan dan mandi dahulu, lalu berpakaian seragam putih biru. Setelah itu, saya mempersiapkan laptop untuk zoom.

Pada pukul 7:00, saya menyalakan laptop dan memasuki zoom meeting kelas saya, kelas 8F. Para siswa disambut oleh wali-wali kelas kita, yaitu Bu Sijo dan Pak Warisno. Sepertinya semuanya pada antusias untuk belajar dan merasa rindu terhadap semua temannya. Setelah sedikit berbicara dengan kelas, Bu Sijo melakukan pemilihan pengurus kelas. Kita melakukan voting untuk menentukan ketua kelas kita, yaitu Alfathan. Sekalian itu, Risyad dipilih sebagai wakil ketua kelas. Saya dipilih sebagai rohin dan bervoluntir sebagai bagian seksi kebersihan.

Setelah pemilihan pengurus kelas, kita langsung mulai belajar. Saat itu merupakan jam pelajaran IPA dengan Bu Ingah, yang mengajar biologi. Habis perkenalan, kita diinformasikan tentang materi bab 1 IPA oleh Bu Ingah. Di bab 1, kita akan belajar tentang rangka dan alat gerak manusia. Karena ini hanya hari pertama, kita belum terlalu masuk ke pembelajaran. Jadi, untuk hari ini hanya ada penjelasan kecil.

Kita langsung istirahat setelah pelajaran IPA. Saya tidur sedikit di tempat tidur sambil bermiain HP dan mengecek WA untuk melihat pesan baru. Beberapa menit kemudian, saya pergi untuk mengambil roti. Saya balik duduk di kursi sambil memakan roti dan menggambar sedikit menggunakan sebuah aplikasi di laptop, lalu saya masuk balik ke zoom kelas.

Jam pelajaran IPS mulai setelah istirahat, dan gurunya merupakan salah satu wali kelasku, Bu Sijo, yang mengajar ekonomi. Untuk hari ini, kita belajar tentang potensi sumber daya alam. Kita diberi tugas untuk menulis potensi sumber daya alam setiap provinsi Indonesia. IPS merupakan jam terakhir pada hari Senin, jadi tugas yang tadi dijadikan PR. Para siswa disuruh untuk beristirahat dari layar dulu, karena telah melihatnya dari jam 7 – 12.

Besoknya, Selasa, 14 Juli yang merupakan hari kedua PJJ tahun pelajaran 2020-2021. Pola aktivitas paginya sama dengan kemarin. Makan, mandi, berpakaian, lalu preparasi untuk zoom meeting kelas. Sebelum mulai pembelajaran, dilaksanakan tadarus kelas dahulu dengan wali-wali kelas.

Pelajaran jam pertama pada hari ini merupakan B. Indo, yang diajarkan oleh Pak Adi. Pembelajaran bab 1 B. Indo adalah tentang teks berita. Jam kedua, B. Inggris diajarkan oleh Bu Wiwit yang dulu adalah guru Prakarya di kelas 7. Jam ketiga, BTIK diajarkan oleh Om Jay, dimana kita belajar membuat blog, dan Jam terakhir, PJOK diajarkan oleh Pak Yudi yang mengajarkan kita tentang bola tangan. Seperti kemarinnya, siswa disuruh untuk beristirahat.

Rabu, 15 Juli merupakan hari ketiga PJJ. Jam pertama adalah Senbud, secara spesifik Senrup yang diajarkan oleh Pak Murdha. Kita belajar menggambar wajah dan dikasih tugas untuk menggambar wajah diri sendiri. Setelah itu, Jam kedua adalah Matematika, yang diajarkan oleh Bu Fardiah, dimana Bu Fardiah menjelaskan tentang diagram kartesius. Jam ketiga, B. Inggris, dan jam terakhir, BK yang diajarkan oleh Pak Pandu dimana kita bersosialisasi dikit.

Kamis, 16 Juli, hari keempat PJJ. Agama merupakan pelajaran jam pertama hari ini, dan karena saya beragama hindu, saya masuk ke zoom meeting dengan Pak Gusti. Saya belajar tentang Atman, lalu saat pelajaran sudah selesai saya masuk balik ke zoom meeting kelas. Jam kedua adalah IPS dengan Bu Iin. Terakhir adalah jam pelajaran Matematika dengan Bu Mifta, dimana dia mengajarkan kita tentang pola bilangan dan baris bilangan.

Minggu pertama PJJ berakhir pada Jumat, 17 Juli, hari kelima PJJ. Prakarya merupakan pelajaran jam pertama hari ini, dimana kita diajarkan tentang limbah oleh Bu Titin. Jam kedua adalah PPKN dengan Pak Warisno, salah satu wali kelasku. Kita belajar tentang arti dan fungsi Pancasila. Lalu, jam terakhir adalah B. Indo, dimana kita melanjutkan materi dari pembelajaran terakhir di hari Selasa.

Itu saja untuk postingan blog yang ini. Terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Latihan Akhir Bab 1 - BTIK

  I – PILIHAN GANDA  1 – C 2 – D 3 – D 4 – C 5 – D 6 – C 7 – C 8 – D 9 – B 10 – C 11 – C 12 – A 13 – C 14 – D 15 – B 16 – D 17 – A 18 – A 19 – B 20 – A 21 – B 22 – C 23 – B 24 – B 25 – A 26 – C 27 – C 28 – A 29 – C 30 – A II – ESSAY 1. Dengan Kecepatan akses internet, ISP, ponsel, dan satelit. 2. Karena settingannya, data penting dapat mudah dilihat oleh banyak orang dan mudah sekali bagi hacker untuk mencuri data. 3. 34,1 menit 4. Koneksi internet di lingkungan saya cukup stabil, dan kita menggunakan jaringan Indosat (GIG). Kita memilih GIG karena cukup stabil dan jarang mengalami gangguan. 5. Penyimpanan data yang aman, akses yang fleksibel, dan lebih efisien. 6. NLP digunakan oleh Google untuk mempengerti bahasa yang digunakan oleh pengguna. 7. Machine learning digunakan oleh Google untuk belajar tentang hasil search dengan lebih baik. 8. Pengguna dapat menggunakan berbagai filter untuk mendapatkan hasil

Tugas Algoritma

PENGERTIAN ALGORITMA Algoritma merupakan kumpulan rangkai perintah yang akan dijalankan oleh komputer, dan juga merupakan alat komunikasi pengguna dengan komputer. Berikut ini beberapa video tentang algoritma. \

Kegiatan Dharma Santi 2021

     Kegiatan Dharma Santi Labschool dilaksanakan pada Sabtu, 17 April 2021, pada pukul 09:30. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa dan guru dari semua cabang sekolah Labschool. Aktivitas ini seharusnya dilaksanakan pada hari Jumat, 16 April, tetapi dilaksanakan di hari setelahnya.     Pada waktu pagi, 09:30, masih sedikit preparasi untuk acaranya, dan belum ada pembukaan formal. Para guru dan siswa didalam zoom meeting masih menunggu untuk partisipan lain masuk kedalam zoom meeting. Acara dimulai pada sekitar waktu 10:00, dimana pembuka diadai. Subjek Dharma Santi merupakan berbagai materi Hindu, seperti hari raya. Dalam acara, para siswa diminta untuk membuka kamera. Pada waktu 12:00, acara diakhiri dan para siswa dibolehkan untuk keluar dari zoom Dharma Santi.